Liputan Acara Software Freedom Days di ITTelkom

Hari sabtu lalu, 3 Oktober 2009 panitia OSUG (OpenSolaris User Group) dan OSUM (OpenSource University Meet up) ITTelkom telah menyelenggarakan acara Software Freedom Days. Menurut berita yang saya baca acara ini dilakukan secara serentak di beberapa kampus di Indonesia, salah satunya adalah kampus saya sendiri ITTelkom. Selain ada presentasi sekilas tentang OSUM dan OSUG, acara ini juga diisi dengan acara demo install sistem operasi OpenSolaris yang dibawakan oleh mas Agus Setiawan (OSUM Leader) yang dibantu oleh perwakilan peserta (Kurniawan Wahyu) dan presentasi mengenai EyeOS dari komunitas LUG (Linux User Group) yang dipresentasikan oleh mas Trisna Gelar.

Peserta dalam acara ini cukup antusias, hal ini bisa dilihat jumlah peserta yang hadir yang memenuhi ruangan GSG Belakang Lt.1. Dan beruntungnya saya karena termasuk salah satu dari peserta yang hadir. Padahal sebelumnya saya harus kuliah dulu, beruntungnya kuliahnya cepet selesai. Hehehehe…. :D. Ya untuk saya sendiri acara seperti ini sangat saya perlukan untuk upgrade ilmu atau menambah wawasan (lebay yakk… 😀 ). dan saking semangatnya saya, sayalah peserta pertama yang mendapatkan beberapa goodies dari panitia karena menjawab pertanyaan pertama (padahal ngincer hadiahnya itu kaos osol bukan handbook osol…. hehehe…. 😀 ). Tapi gak papalah handbooknya juga pentingkan yaa.. buat nyobain osol nanti… heheehe… :D. Selain itu masing-masing peserta juga mendapatkan livecd OpenSolaris rilis terbaru dan pin OSUM.

Setelah presentasi dari mas Agus Setiawan selesai, giliran berikutnya adalah presentasi dan demo aplikasi eyeOS dari mas Trisna Gelar. EyeOS ini merupakan suatu aplikasi berbasis web dan opensource tentunya dimana aplikasi ini dibuat menyerupai sebuah layaknya OS (Operating System). Fitur-fiturnya pun mirip sistem operasi cuma menurut saya salah satu bedanya ada di kernel, knapa?? ya iya lah namanya juga aplikasi berbasis web,, kan beda ama sistem operasi beneran… hehehe… :D. EyeOS sendiri diinstall dalam sistem operasi, dan masih membutuhkan web server biar bisa running. Cara kerja dari eyeOS ini adalah kita cukup membuka browser ke alamat server yang sudah memasang aplikasi eyeOS. Untuk memulai memakainya kita diharuskan registrasi dulu agar kita terdaftar dalam aplikasi tersebut. Setelah terdaftar baru bisa login dan mulai menggunakan fitur-fitur dari eyeOS tersebut. Silahkan coba, mirip Sistem Operasi bukan ?? biar gak menyimpang dari judul, penjelasan selanjutnya mengenai eyeOS bisa googling sendiri yaa…. keyword yang berhubungan yang mungkin membantu adalah : eyeOS dan cloud computing (karena inilah contoh nyata dari aplikasi cloud computing). Ok selamat mencoba……. baru segitu yang bisa saya ceritakan dari lokasi kejadiannn,,, (loh…lohhh,, ngapain ini….. hehehe 😀 )

Iklan

14 pemikiran pada “Liputan Acara Software Freedom Days di ITTelkom

  1. he heee .
    sumpeh kalo nyoba OSOL, kaya pertamax kali nyuba ubuntu .
    lagian ndak ada Repository nya . heemz…
    dukungan komunitasnya jg gak sebanyak ubuntu [setahu ane gan] 😛

  2. hahaa,,, iya jg sih gann…,
    klo saya gak salah denger pas acaranya kemaren,, repositorinya OSOL saat ini emang belum ada di Indonesia, jadi masih merujuk ke Luar.. hehe… 😀

    tapi klo mau tau lebih jauh, coba deh tanya mas yang komen paling atas,,, beliau adalah Leader OpenSolaris Bandung…. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s