APT-CACHER : SOLUSI INSTALL / UPDATE PAKET SOFTWARE UBUNTU BUAT YANG MEMILIKI BANDWITH PAS-PASAN

Beeughhh Panjang Beuud dah Judulnya…. abis bingung c ngasih judulnya…. hahahhaa….. πŸ˜€

Ya udah daripada bertele-tele lagi kali ini saya ingin share dikid pengalaman saya menggunakan aptcacher. Awal masalahnya tuh gini, di jaringan yang saya gunakan buat online terdapat beberapa pengguna linux, ubuntu tentunya :D. Kebiasaan temen-temen yang ada di jaringan ini adalah langsung mengambil paket-paket library dari internet. So bisa ditebak apa yang terjadi, tidak jarang terjadi pengambilan paket-paket yang sama antar pengguna misalnya codec, update-an ubuntu, dan lain-lain. Sehingga menurut hemat saya hal ini tidak efisien dalam hal penggunaan bandwith. karena itu dibutuhkanlah solusi untuk hal ini, yaitu penggunaan aptcacher. Eng…ing…enggg…… (lah koq backsoundnya jadi kayak pelem hantu… hahaha… πŸ˜€)

ok langsung aja kita coba, ambil paket aptcacher dari internet, masuk ke terminal kesayangan ‘n den ketikkan β€œsudo apt-get install apt-cacher” (lihat skrinsut dibawah) :

install apt-cacher

Sambil nunggu proses instalasi selesai, ambil kacang plus energen jahe dikid biar ada tenaga buat ngetik perintah selanjutnya… (halah lebayyy…. wkwkkwk… πŸ˜€ ).

Jika proses instalasi berhasil, buka dan edit file aptcacher.conf menggunakan perintah β€œsudo gedit /etc/apt-cacher/apt-cacher.conf” (backup dulu file yang asli jika perlu… πŸ˜€ ).

cari bagian allowed_hosts=* , isilah sesuai dengan alamat address yang diijinkan mengakses repositori lokal anda (bisa diisi alamat jaringan ataupun range IP Address atau IP Address tertentu). Kali ini saya akan mengisinya dengan alamat jaringan yang saya miliki (lihat gambar dibawah) :

konfigurasi apt-cacher

konfigurasi apt-cacher

setelah itu, edit file apt-cacher, menggunakan perintah β€œsudo gedit /etc/default/apt-cacher” dan gantilah settingan

AUTOSTART=0

menjadi

AUTOSTART=1

agar apt-cacher dijalankan pada saat booting. Restart aptcacher menggunakan perintah sudo /etc/init.d/apt-cacher restart. beres dan tinggal dicoba…. πŸ˜€ (settingan lainnya bisa dibaca di masing-masing file)

TESTING

edit file source.list menggunakan perintah β€œsudo gedit /etc/apt/source.list”

Tambahkan prefix IPaddress mesin repositori lokal pada semua url asli rujukan repositorinya… contoh misal alamat repositori anda

deb http://example.debian.org/debian unstable main contrib non-free

maka ubah menjadi seperti ini

deb http://<alamat_IP_mesin_repositori_lokal&gt;:3142/example.debian.org/debian unstable main contrib non-free

contoh : deb http://172.18.10.1:3142/example.debian.org/debian unstable main contrib non-free

save and exit.

Kembali ke terminal, dan lakukan update menggunakan perintah β€œsudo apt-get update”. Tunggu sampai selesai. Jika berhasil, maka kopikan file source.list anda tersebut ke masing-masing client yang akan menggunakannya (dalam hal ini saya menggunakannya ke teman yang ada dalam 1 jaringan dengan saya…. πŸ˜€ dan berhasil hehehehe….. πŸ˜€ ).

Iklan

6 pemikiran pada “APT-CACHER : SOLUSI INSTALL / UPDATE PAKET SOFTWARE UBUNTU BUAT YANG MEMILIKI BANDWITH PAS-PASAN

  1. Makasih sudah berkunjung,, saya sudah konfirmasi di blog na om jerzz…. linknya saya tambahin yaa…. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s