TetraLogi Laskar Pelangi

Akhirnya……., selesai juga gue baca novel Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Yah penuh perjuangan memang untuk menghabiskan 4 novel tersebut. Apalagi bagi orang seperti gue yang pada dasarnya tidak suka membaca novel, apalagi sampai 4 buku, beeeuughhhhh…… Tapi setelah membaca beberapa bab dari novel Laskar Pelangi ini gue langsung tertarik, nggak tau alasannya knapa.

Plesbek dikid ya pren…., seperti gue bilang tadi, gue pada dasarnya gak suka baca novel. Gue sempet seperti orang trauma klo ngeliat novel. Yang kepikiran di benak gue klo ngeliat novel, fyuuhhh sungguh membosankan, dan gue gak ngerti waktu itu, knapa orang-orang seneng baca buku yang kebanyakan tebalnya mirip bantal itu (ya iyalah…, klo gak tebal baca cerpen di majalah Bobo aja sono…. :D). Pada awalnya tuh gini…, waktu masih SMP dulu gue dapet tugas dari guru Bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali isi sebuah novel klo gak salah yang nantinya buat diceritain kembali di depan kelas. Nah, berhubung koleksi novel diperpustakaan sekolah waktu itu terbatas, sedangkan jumlah siswa yang ada sangat banyak, akhirnya ya novel-novel terkenal dan bagus-bagus laris di pinjem untuk dibaca tentunya, sehingga koleksi yang tersisa adalah novel-novel yang aneh-aneh. Dan setelah gue pinjem, aseli…., kalimat perkalimat, paragraph perparagraph nya gak menarik, berbelit-belit dan sangat membosankan. Baca 2 lembar aja sudah bikin ketiduran.. , dan setiap gue baca lagi selalu ketiduran, dan dalam keadaan seperti ini novel layaknya obat tidur yang paling mujarab, buang-buang waktu…. de el el . hahaha… :D.

Nah, balik lagi ke novel laskar pelangi. Menurut gue, novel ini layak dibaca oleh siapapun, dari mulai anak remaja sampai orang tua kali ya…, ketimbang nonton acara sinetron-sinetron yang mendominasi dan marak serta tidak mendidik di hampir semua stasiun televisi swasta. Dalam novel ini juga banyak terdapat pesan moral yang bisa diambil sebagai nasihat untuk memotivasi pribadi orang yang membacanya, dan bahkan tak sedikit orang yang sering mengutipnya sebagai kata-kata bijak 😀 (Tapi Ingat ya Prendd.., Novel teteplah novel, bukan sebuah penuntun hidup ataupun Garis-Garis Besar Haluan hidup… huahahhaha 😀).

Trus yang terakhir ni pren, klo kalian belum membacanya dan masih penasaran silahkan baca dulu aja (bagus koq, ketimbang nonton sinetron yang gue bilangin tadi ), dan gue tunggu komentarnya disini, dan bagi temen-temen yang sudah membacanya, bagaimana pendapat kalian ?? hehehe… 😀

Iklan

2 pemikiran pada “TetraLogi Laskar Pelangi

  1. kepanjangan bu bikin nyeritainnya
    lagian ntar gak seru klo aku yg ceritain whuaakkakkak….
    mending baca sendiri baru terasa….. hihihi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s