Overloud TH1, Software Efek Guitar di PC

Bagi temen-temen yang suka maen alat musik seperti saya terutama gitar, efek gitar merupakan sesuatu yang wajib dimiliki. Namun untuk memilikinya kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk barang yang satu ini, belum lagi ditambah sound systemnya. Jika temen-temen belum mampu untuk membeli semuanya itu, ada solusi yang bagus dan layak dicoba. Kita tidak perlu membeli semua barang-barang tersebut, namun kita cukup menginstall software Overloud TH1 di komputer kesayangan temen-temen semua. Software ini sebenarnya sudah lama ada, namun karena saya ketinggalan informasi makanya nggak tau tentang keberadaan software ini hehehe….. :-P

Dari keterangan diatas, Overloud TH1 merupakan aplikasi efek gitar. Namun tidak seperti software efek gitar lainnya, software ini mampu menghasilkan suara efek yang nggak kalah dengan efek gitar beneran. Disamping bisa menghasilkan efek suara yang bagus, aplikasi ini juga memiliki beragam efek suara serta bisa dikombinasikan dengan suara efek gitar yang lain. Bahkan kita bisa merancang sendiri efek apa aja yang akan kita gunakan, seru kan… kan? Selain itu juga, software ini juga didukung dengan interface yang user friendly sehingga mudah untuk digunakan.

Tapi jangan terlalu seneng dulu temen-temen, disamping kelebihannya itu software ini juga memiliki banyak kekurangannya. Salah satu fitur recording yang menurut saya penting ternyata tidak disediakan oleh aplikasi ini (atau saya nggak nemu ya caranya… hehhe.. :D ), trus yang namanya software simulasi seperti ini, jelas masih banyak lagi kekurangannya, dan saya rasa tidak perlu dijelaskan disini… hehehe.. tapi kalo cuma sekedar mau nyoba ya silahkan saja,,,, karena software ini memang layak dicoba dan untuk ukuran software seperti bagi saya layak diberi nilai 9 dari skala 10, ya setidaknya untuk saat ini…. hehehe… :D .

Berikut screenshotnya :

screenshot 1

screenshot 2

UPDATE !!! Link buat downloadnya bisa cari disini http://www.indowebster.com/Overloud_TH1_102_Stand_Alone.html

125 comments on “Overloud TH1, Software Efek Guitar di PC

  1. hahaha…. (jadi korban pertamaxxx terus ni…. beRapa liter gan ??? :D )

    Hush,,,,anak kecil ra ngerti…..
    Maen congklak aja sono…. :-P

  2. ini trmasuk bru mas stau sya. yg dah lma muncul it ad amplitube, waves gtr, guitar rig, revalver. kndala yg pling bsar kl pke software + soundcard onbord seh latency nxa. tp bs d akalin pke asio4all. untk recording stauku cma guitar rig aj yg bs rcord it jg cm 1 track aj. kl m multitrack pke aj nuendo, cubase, sonar, dll
    btw blogya bgus mas. salam knal y.. ssama gitaris ak sneng bc2 artkelya.

  3. @litle_brother : Salam Kenal juga little_brother….
    wah nice info gan….
    owh iya euy, latency na gak nahan……, ok saya coba dulu asio4all nya… thank’s lagi buat info na… :D
    little_brother lebih tau banyak nih sepertinya….. (harus berguru nih keknya…. :D )
    wah saya masih pemula koq maen gitarnya…. hehehe :D
    dan makasih juga nih dibilang bagusss…. hahaha… (sambil terbang)… :D

  4. wah bagus koq mas blogmu, aku dah mampir kesana….
    postinganku juga biasa aja koq…. yang penting mah kalo aku original aja…..hehehe… :D

  5. dimana nih donlodnya??

    tolong info ke imel saya ya bANG :D

    trs aplikasi yg kayak serupa ada gk ? :D
    kalo bisa lebih bagus :P

    hehehhe…13

    mturnuwun..
    pareng……

  6. wah,,, sebenarnya sih saya mau upload juga,,, namun karena koneksi kurang bagus akhirnya gagal terus deh,,, maaf yaa,,,,
    nanti laen waktu saya coba lagi… ntar dikasih linknya… pantengin aja blog ini terus….. hahahahaa……..

  7. TH1 keren abis….lumayan bisa gnjrang-gnjreng make efek dr over loud….

    pokonye top dahhhh…………….”

  8. @ocha: coba cari link buat download diatas komen ini,,, trus download softwarenya,,,, dan install di PC/laptop.
    nah bis itu colokan yang dari gitar masukin deh ke input mic di soundcard PC/leptop. klo kegedean terpaksa pake konverter deh,,, hehehee,,,, :D.
    truz jalanin softwarenya,,,, dan mainkan gitarnyaaaa,,,,
    Selamat mencoba mas ocha,,,, :D

  9. weh.. udah q coba bro… trial banget gitu…..

    tapi lumayanlah..
    tapi sayang sekali tidak ada fungsi recording ( ato saya yg belum nemu, wkakakakakka..13 xD )

    Ok, sampai saat ini masih saya cari yg versi freewarenya, dan aplikasi yg serupa tapi dengan fasilitas yg lebih bagus.
    kebetulan kemaren saya nemuin Blog ttg aplikasi untuk bermusik xD

    silahkan diliat
    http://dalampencarian.wordpress.com/2009/03/15/software-gratis-buat-para-musisi/
    bukan bermaksud ngiklan bro tomat pedes xD
    cuma sekedar masukan untuk para musisi xD

    Best reg@rds
    G13

  10. @galeh13: hehehee,, makasih bro masukannya….
    btw boleh dong diupload klo nemu aplikasinya,,, hehe…
    link dari mas budel jg bagus buat referensi,,, banyak suhu berkumpul disana ,,,, :D

  11. boss cara nyatuin software overloud tadi ama software asio4all
    klo di jalannin bareng kok kadang frekwensinya jadi ga rata,,, suaranya ga indah,, help donk,,,

  12. waduh,, klo masalah frekuensi gak rata ane gak ngerti dah,,, setau ane sih asio4all buat kurangin delay…. itupun tergantung sound cardnya… :P
    informasi lebih jelas cb cari referensi lain di link yang dikasih sama para komengtator2 diatas… ehehe.. :D

  13. @dewa : wah klo kualitas suara sih menurut saya tergantung selera… apalagi menurut saya yg masih newbie… :)

  14. budel :

    waduh thanks nih,
    emang mantep deh para pencipta simulasi guitar effects…

    udah d update loh,
    silahkan yg mau cek : http://kask.us/2718642

    guitar effects simulation , gitar efek simulasi

    Nah ini nih suhunya… keren banget mas budel… lengkap sekali…
    Nice Info gan… :D

  15. pak goh :

    oh ya, sound y telat, pake gtr ring2 jg telat
    emang ga bisa buat rec. ya…. trus mo ngapain neh??

    komentar berikut mungkin bisa menjawab keluhan pak goh :

    little_brother :

    ini trmasuk bru mas stau sya. yg dah lma muncul it ad amplitube, waves gtr, guitar rig, revalver. kndala yg pling bsar kl pke software + soundcard onbord seh latency nxa. tp bs d akalin pke asio4all. untk recording stauku cma guitar rig aj yg bs rcord it jg cm 1 track aj. kl m multitrack pke aj nuendo, cubase, sonar, dll
    ………

  16. pak bambang :

    gan,asio4all tu gunanya bwt apa????
    trz cara makeknya gmn??

    thxz…..

    klo cara kerjanya asio4all mungkin pak bambang bisa baca http://en.wikipedia.org/wiki/Audio_Stream_Input/Output. mudah-mudahan disana cukup jelas. saya cuma ngikut aja klo cara kerja asionya mah….

    Intinya menurut pemahaman yg saya baca, asio4all melakukan bypass terhadap perantara windows, sehingga aplikasi terhubung langsung ke perangkat hardware yaitu sound card.

    cara makenya seinget saya (sambil nginget2 lagi nih pak… :D ) di settingin TH1 nya kita pilih asio. trus di asionya.. tinggal ubah2 settingan buffernya… beberapa bacaan menyebutkan seperti ini…

    Buffer Size kecil = respon lebih cepat, CPU kerja lebih berat
    Buffer Size besar = respon lebih lambat, CPU kerja lebih ringan. (http://www.musisi.com/showthread.php?p=305144)

    nah, mungkin segitu yg bisa saya jawab pak, kurang lebih mohon maaf… maklum udah gak make TH1 lg skrg coz gitarnya udah diambil ama empunya… :D

  17. wkwkwkwkkw. udah lama gue pake, akhirnya kesampaian juga khayalan gue, dari dulu pengen yang murah meriah tapiiiiiiiiii………………..MANTAFFFFFFFFFFFFFFFF!!!!

  18. pak bambang :

    gan,settingan TH1 nya yg dsbelah mn??
    q nyari2 kog gak ktmu.

    maaf pak bambang,,, setting detailnya saya lupa,, soalnya udah lama nggak maen ginian lagi.. krn gitar yg ane pake waktu ngetes software ini udah diambil ama yang punya… hihihi…
    owh ya jgn lupa,,, asio cuma ngurangi delay bukan ngilangin, sehingga akan lebih baik klo soundcard kompinya jg mumpuni… :-P

  19. Romeo :

    wkwkwkwkkw. udah lama gue pake, akhirnya kesampaian juga khayalan gue, dari dulu pengen yang murah meriah tapiiiiiiiiii………………..MANTAFFFFFFFFFFFFFFFF!!!!

    murah yak gan ?? beliin ane dong gan soundcard yg support asio hehehe… :-P

  20. gan udah nyoba.. tp ko pas gw buka tu aplikasi ko ada intruksi katanya trial 14 hari wah gw ga ngrti tuh.. mohon penjelasan nya…

  21. boss gw masih amatiran nih gmn yaa setingan effeck buat blues n wah?? saya bingung antara ampli dan samapai gambar terakhir????

  22. ogi :

    gan udah nyoba.. tp ko pas gw buka tu aplikasi ko ada intruksi katanya trial 14 hari wah gw ga ngrti tuh.. mohon penjelasan nya…

    waduh masalah gituan diluar bahasan om… no comment aja… :-P

  23. handi :

    boss gw masih amatiran nih gmn yaa setingan effeck buat blues n wah?? saya bingung antara ampli dan samapai gambar terakhir????

    klik aja tombol search nya… ntar muncul beragam pilihan effectnya…

  24. handi :

    o iya satu lg nih kok suaranya banyak noise2 gitu gmn ya bang cara benerinnya?? saya bingung nih?

    owh gt yaa.. perasaan sini ok2 aja bang… jadi ndak tau dehh.. :)

  25. gan klw buat rekaman pake apaan ya…? yg mangtabs n GRATIS trus donlot nya dmna gituh…..? mohon penderahan nya hi hi… thanks..

  26. ogi :

    gan klw buat rekaman pake apaan ya…? yg mangtabs n GRATIS trus donlot nya dmna gituh…..? mohon penderahan nya hi hi… thanks..

    menurut info yg pernah ane baca di forum2 sih, sebetulnya pake software ini jg bisa ?? cuma jgn make yg versi standalonenyaa….
    sayangnya ane jg gak punya gan…
    mungkin agan bisa cari sendiri… hehee… ^^

  27. masss….maaf yachhh ge copyyy postingnya…..kelihatanya very….veryyy good and the best topick…..dikit ko buat link saya….maaf yaaa masss…..

  28. zacky gates :

    masss….maaf yachhh ge copyyy postingnya…..kelihatanya very….veryyy good and the best topick…..dikit ko buat link saya….maaf yaaa masss…..

    Dengan senang hatii gan… silahkan di copy…. :D

  29. mantaaaaap….suaranya cukup keren.
    ini versi trial ya?
    kalo yang full version ada g?

  30. Zay’s :

    boz tolong mnta software guitarfx buat windows 7 donx …. di tunggu ya ….

    Silahkan cari sendiri bos,, ane udah lama gak maen lagi… :)) saya saranin bos maen ke kaskus aja di link yg dikasih ama mas budel diatas… disana lebih lengkap pilihannya.. :D

  31. Rezpector :

    ada cracknya g mas?
    kalo ada bagi-bagi donk..!hehehe

    maaf ane tidak menyediakan crack2an, cuma klo gak salah di link downloadnya sudah ada crackannya…

  32. Rezpector :

    mantaaaaap….suaranya cukup keren.
    ini versi trial ya?
    kalo yang full version ada g?

    silahkan cari sendiri…. hehe ane sendiri dapet dari link diatas… :) udah lupa ada crackkannya ato tidak… :D

  33. Tamsyah :

    ko dengungnya kenceng baget yah….???

    karena ane maen di gitar akustik sih emang kenceng dengungnya… gak tau klo di gitar listrik beneran… tapi klo liat2 di youtube yg pake ginian kayaknya gak juga… hehehe…

  34. permisi , , ,, saya mw tnya , , gnie lohh , , saya cba pke gitar listrikk teruss suaranya yg kluar tuhh lmbatt, kira” apa kesalahannya , ,???? mhon bantuannya , ,

  35. bos maf ne.. ktinggalan jaman.. haha… serial keynya apa ya?? koq versi demo?? d tunggu jawabanna!!

  36. arland :

    permisi , , ,, saya mw tnya , , gnie lohh , , saya cba pke gitar listrikk teruss suaranya yg kluar tuhh lmbatt, kira” apa kesalahannya , ,???? mhon bantuannya , ,

    sudah dibahas di komentar2 sebelumnyaa… :D

    sunsun :

    bos maf ne.. ktinggalan jaman.. haha… serial keynya apa ya?? koq versi demo?? d tunggu jawabanna!!

    punten gan, klo masalah key ane gak ikut2an… silahkan cari sendiri aj… :cheers:

  37. adie :

    mas ga bisa nie downloadnya gimana atuhh

    mungkin servernya lagi maintennis mas,, coba lagi aja… ^^

    adie :

    ada yang gratis ga mas sofwearnya

    berdasarkan komen sebelumnya ada yg bilang software kayak gini ada yg gratis…

  38. klo bwt belli software overloud th1 d mnna yya ??? ??? soalnya kalo download lama ,, terus kira” harga.a berapa ya ???

  39. Fajar :

    klo bwt belli software overloud th1 d mnna yya ??? ??? soalnya kalo download lama ,, terus kira” harga.a berapa ya ???

    liat langsung aj di situs resminya…

    pak goh :

    ah, kompi saiya sakit2an, ilang dah…..ovrloud th1….
    numpang sdot lgi gan…

    mangga,,, :D

    Farhan :

    mas…
    cara makenya gimana ya?…
    kok malah suara dengung yg muncul…
    mohon share’a….
    thx…

    liat sini aja d lebih jelas http://kask.us/2718642

    lutfi bistara :

    Thank’s for your aplication

    you’re welcome,,, but it’s not myaplication… :-P

  40. boss yang di maksud ILOK appaan ??? ???

    ddi software qqu ddi suruh ngedownload ILOK ,, ,, ,, mohon info.a boss ,, ,, ,,

  41. lady,bass :

    mass kalo software efek bass yg bagus apa mass ??

    zay’s :

    boss yang di maksud ILOK appaan ??? ???

    ddi software qqu ddi suruh ngedownload ILOK ,, ,, ,, mohon info.a boss ,, ,, ,,

    wah apaan yah saya jg belum tau efek bass / ILOK yg dimaksud,,, :D

  42. gan gw sih da coba donload bisa sih tpi knapa ya gan kok nggak breng bunyinyaaa pa da setinganya lgi gan.,. dtunggu ya gan informasinya.,.,thanx’s buat overlud TH.1.,.,

  43. henday :

    gan gw sih da coba donload bisa sih tpi knapa ya gan kok nggak breng bunyinyaaa pa da setinganya lgi gan.,. dtunggu ya gan informasinya.,.,thanx’s buat overlud TH.1.,.,

    maaf gan,, mungkin agan baca dulu beberapa komentar diatas. karena udah d bahas sebelumnya… hehehe… :D
    Disini ane sebenarnya cuma ingin share tentang software simulasi efek doang ^^,, klo masalah bunyinya gak bareng beda lagi masalahnya gan, klo mau dilanjutin bisa panjang banget ceritanya,,, malah ada soundcard khususnya segala… :D

    defri :

    kok aku punya suara nya gag ada efeknya?
    apa harus di full fersi dulu ?
    mohon pencerahan nya bro …

    wah gak ada efeknya atau gak ada bunyinya bro ? ane gak pernah ngalamin kyk gitu,,, sebelum konek gitarnya,,, pastikan dulu dengan mic apakah suaranya muncul. klo udah muncul seharusnya gak ada masalah…
    atau agan download versi yg baru,, klo iya wah saya kurang tau apakah harus full dulu… saya cuma pake yang dapat dari indowebster… :D

  44. enak bget sih mas bsa nyobain di laptop,,,
    saya nie sengsara bgt, pgin nyoba tpi sya cuma pnya notebook “hp mini” doank,,,!!!
    gak ada clokan input’y lgi,,,
    jdi iri ama kalian,,,!!!!

  45. Mantap””””””””Tapi bingungngatasin letensinya gak bisa jreng, tetap maci telat???????? SOLUSI??????

  46. please dong bantuannya..masalahnya gw punya overloud th1,th2.dan GTR 3.semuanya berfungsi normal.masalah delay jg uda ter atasi dgn asio4all v2.tp tiba2 suatu hari semua efek gitar tadi jalan tp waktu dicolokin ke gitar yg keluar cuma suara berdenging aja.gak ada lg suara guitar sama sekali.bingung bgt masalahnya dimana ya?pls pencerahannya.sebelumnya trm kasih byk.di tunggu jawabannya.

  47. kenapa ya tiba2 efek gitar overloud th1,th2 dan GTR 3 yg tadi berfungsi bagus tiba2 jadi berdenging aja baik sebelum di colokin gitar maupun uda dicolokin ke gitar?pls bgt bantuan pencerahan..n solusinya.salahnya di mananya.?semau software lain yg berhub.dgn sound/suara baik2 aja.salah di software efek gitar ato di komputer ya?tnx bantuannya.di tunggu jawabannya

  48. Wah terima kasih untuk semua yang sudah komen,,,
    Just sharing aja ya gan,,, klo masalah latency,, sepertinya klo tanpa hardware tambahan agak susah ngatasinnya,, karena keterbatasan kemampuan soundcard (onboard pada umumnya)..
    Tp klo tetep pingin nyobain software2 seperti ini, dipasaran skrg byk koq yang jual perangkat tambahan seperti guitar link yang harganya cukup terjangkau dengan latency yang sangat kecil dan itu buat sy sendiri cukup membantu. selain itu juga penggunaan perangkat tambahan juga menghindari kerusakan soundcard onboard itu sendiri…

    klo berdenging sy sendiri kurang tau sebabnya,, yang masih sy inget, mungkin settingan latencynya terlalu kecil sedangkan kemampuan soundcardnya belum support (ini pengalaman ane waktu masih menggunakan soundcard onboard.. :D, bahkan kadang gak ada suara sama sekali)

  49. maaf mas mau nanya..
    saya uda download software nya di instal ke komputer saya juga uda.
    tapi saya gak tau cara make nya gimana ya mas…
    saya punya gitar elektrik sama speaker aktip.

  50. untuk menghilangkan nois bikin ground kabel. caranya kabel ditanam ketanah (tanah beneran di halaman) sedalam 15 cm dan di ikat ke skrup di komputer..ilang deh noisnya..suaranya benar2 cleaaann…. yg sy belum tahu gimana caranya ngerecord output…

  51. Para master agan2 MINTA BANTUAN kan saya coba buka Overloud TH1 ato guitar rig 3 & 5
    nah saya pake asio4all trus ko yang nyala cuma output doang, gambarnya ga warna ijo panah yg line input
    GIMANA SIH SUPAYA ASIO4ALL nya NYALA ATO AKTIP ???
    tolong dibantu nih -____- Sedih pisan makasih

Komentar ditutup.